Laman

Rabu, 23 Maret 2016

kasus 2.1



KASUS 2-1
APAKAH KLASIFIKASI AKUNTANSI TELAH KETINGGALAN ZAMAN?
1.      Apakah anda setuju dengan pendapat yang dikemukakan Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan dalam dunia saat ini? Apakah usaha – usaha untuk mengklasifikasikan akuntansi tidak bermanfaat dan ketinggalan zaman? Mengapa atau mengapa tidak?
Saya tidak setuju karena pengkalsifikasian akuntansi sangatlah bermanfaat di era globalisasi, karena klasifikasi mempunyai tujuan untuk mengetahui sejauh mana suatu sistem mempunyai kesamaan dan perbedaan serta sejauh mana akuntansi mampu berkembang atau tidak. Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat akuntansi pun tidak mau ketinggalan zaman, dengan adanya pengklasifikasian akuntansi ini memudahkan perusahaan yang go public untuk memberikan informasi ke belahan dunia manapun (internasional) dan dapat memudahkan dalam pengambilan keputusan.

2.      Beberapa pengamat berpendapat bahwa pelaporan keuangan menjadi semakin mirip dengan di kalangan perusahaan "kelas dunia" - perusahan-perusahaan multinasional terbesar di dunia -dan khususnya yang mencatatkan sahamnya di bursa efek utama seperti London, New York dan Tokyo. Apakah relevansinya pendapat ini terhadap klasifikasi akuntansi dan apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini?
Menurut pendapat saya perusahaan-perusahaan multinasional saat ini harus menyeragamin  atau menyesuaikan laporan keuangannya dengan prinsip-prinsip akuntansi internasional. Karena dengan adanya keseragaman tersebut dapat memudahkan para pengguna akuntansi untuk mengambil informasi dan mengambil keputusan dari laporan keuangan tersebut. Dengan adanya kemiripan tersebut sangatlah baik bagi perusahaan yang sudah go public, karena kedepannya laporan keuangan akan menganut standar akuntansi internasional. Agar informasi yang terdapat dalam laporan keuangan tidak hanya dimengerti bagi negara tersebut tapi dapat dimengerti di belahan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar